Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal Terlengkap

Pantangan Makanan Batu Ginjal – Di sini Anda akan mendapatkan informasi terlengkap mengenai makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal Terlengkap

Pantangan Makanan Batu Ginjal

Penderita batu ginjal harus tahu!, bahwa, melakukan pengobatan bukanlah satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Anda juga harus menjaga asupan makanan Anda sehari-hari.

Menjaga asupan makanan bagi penderita batu ginjal sama pentingnya dengan melakukan pengobatan. Kenapa? Karena, memang ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa dikonsumsi oleh penderita batu ginjal.

Jika pun Anda ngeyel untuk tetap mengkonsumsinya, apalagi dalam jumlah yang banyak, bisa-bisa gejala batu ginjal yang sudah ada justru semakin memburuk.

Penasaran apa sajakah makanan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal? Baiklah, berikut ini adalah makanan-makanan yang tidak boleh Anda —penderita batu ginjal— konsumsi.

Inilah Daftar Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang masuk dalam list pantangan makanan batu ginjal. Jika Anda ingin sembuh, sebaiknya Anda membuang makanan ini dari daftar menu Anda sekarang juga!

  • Makanan Tinggi Kalsium

Pertama, makanan yang harus dijauhi atau dibatasi jumlahnya adalah makanan yang mengandung kasium tinggi. Kalsium berlebih pada tubuh akan di akut ke ginjal. Kemudian, kalsium yang tidak tersaring bisa mengendap dan menjadi kristal batu ginjal.

Beberapa makanan tersebut diantaranya: Susu dan olahannya (keju, yoghurt, es krim, margarine), sumsum tulang sapi, bayam, lobak, kol, bhokcoy, kangkung, brokoli dan sayuran berwarna gelap lainnya, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

  • Makanan Dengan Kadar Garam Tinggi

Penderita batu ginjal juga tidak disarankan untuk konsumsi makanan dengan kandungan garam atau natrium tinggi. Makanan tinggi garam diantaranya adalah: Makanan kaleng, makanan beku, makanan yang diawetkan, sereal instan, mie instan, dan makanan atau minuman kemasan lainnya, termasuk jus buah kemasan.

  • Makanan Yang Mengandung Oksalat

Oksalat tinggi pada makanan sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal. Oksalat tinggi pada makanan dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita batu ginjal.

Talas, sawi putih, buncis, tomat, terung, dan buah belimbing adalah beberapa makanan dengan oksalat tinggi.

Makanan Lainnya Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

  • Makanan atau minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, coklat, dll)
  • Minuman berkarbonasi (soda, minuman bernergi, dan jenis sofdrink lainnya)
  • Alkohol
  • Makanan atau minuman tinggi vitamin C, seperti jeruk, stroberi, jambu biji, dan lainnya
  • Daging merah
  • Makanan berlemak (goreng-gorengan, makanan bersantan, jeroan,seafood, junkfood, dll)
  • Makanan dengan pemanis buatan

Itulah beberapa pantangan makanan bagi penderita batu ginjal. Apakah salah satu atau beberapa makanan di atas ada yang termasuk makanan atau minuman favorit Anda?

Jika ada, maka Anda harus rela untuk tidak mengkonsumsinya dulu sampai batu ginjal yang Anda derita benar-benar sembuh. Karena, kesehatan Anda jauh lebih penting dari sekedar menikmati makanan yang Anda suka.

Kunjungi juga artikel menarik lainnya tentang penyakit batu ginjal » Obat Penghancur Batu Ginjal Tanpa Operasi

Pantangan Makanan Untuk Penderita Batu Ginjal Terlengkap

Comments (3)

  1. Pingback: Penyebab Terbentuknya Batu Ginjal Yang Harus Anda Tahu

  2. Pingback: Khasiat dan Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Penderita Sakit Ginjal

  3. Pingback: Bisakah Batu Ginjal Sembuh Tanpa Operasi ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *