Jenis-Jenis Batu Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Jenis Jenis Batu Ginjal – Tahukah Anda jika batu ginjal diklasifikasikan menjadi 4 jenis yang dibedakan oleh zat-zat pembentuknya?

Nah, bagi yang belum tahu apa saja ke empat jenis batu ginjal tersebut, di sini kami akan membahasnya. Semoga bisa bermanfaat.

Inilah Jenis Jenis Batu Ginjal

Jenis Jenis Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang banyak terjadi pada lansia, meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan untuk batu ginjal ini terjadi pada usia muda.

Mungkin selama ini Anda mengira jika batu ginjal hanya ada satu jenis saja. Tapi, faktanya batu ginjal ini terbagi menjadi 4 jenis sesuai dengan zat-zat yang menjadi material pembentuknya.

Batu ginjal terbentuk akibat endapat yang mengkristal atau membatu dari sisa-sisa zat di dalam urine yang tidak bisa di proses secara sempurna oleh ginjal. Dan kalsium bukan satu-satunya zat yang terdapat dalam urine.

Berikut 4 Jenis Batu Ginjal Yang Sebaiknya Anda Ketahui

1.Batu Sistin

Batu sistin adalah jenis batu ginjal yang jarang sekali ditemukan. Terbentuknya batu sistin ini ikut dipengaruhi oleh adanya faktor keturunan penyakit sistinuria yang mana ginjal menghasilkan asam amino sistin dalam jumlah banyak. Sistin yang berlebih akan tinggal dan mengendap menjadi kristal / batu di ginjal.

2.Batu Kalsium

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium. Batu kalsium ini terbentuk akibat tingginya kadar kalsium di dalam urine.

Tingginya kadar kalsium ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor makanan yang Anda konsumsi, tapi juga bisa diakibatkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, sampai dengan kelainan metabolisme atau penyakit-penyakit tertentu lainnya.

3.Batu Struvit

Jenis batu ginjal yang ketiga adalah batu struvit. Batu ginjal jenis ini banyak ditemukan pada penderita infeksi saluran kemih terutama wanita. Batu struvit terbentuk akibat endapan dari mineral magnesium dan ammonia hasil limbah yang tinggi. Jenis batu ginjal ini adalah yang paling cepat membesar, sehingga bisa terjadi penyumbatan pada ginjal, ureter, atau kandung kemih.

4.Batu Asam Urat

Dan batu asam urat adalah jenis batu ginjal yang ke-empat. Sudah jelas, terbentuknya batu ginjal jenis ini akibat kadar asam urat yang berasal dari tingginya zat purin di dalam tubuh. Anda yang gemar mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi harus siap-siap untuk menderita batu ginjal jenis ini.

Itulah jenis jenis batu ginjal berdasarkan materi pembentuknya. Menjalani gaya hidup sehat bisa membantu Anda mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Artikel Menarik Lainnya:

  1. Gejala Awal Batu Ginjal
  2. Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Batu Ginjal

By : http://www.obatbatuginjal.jellygamatqncasli.com/

Jenis Jenis Batu Ginjal

Comment (1)

  1. Pingback: Bahaya Komplikasi Serius Penyakit Batu Ginjal, Penderita Batu Ginjal Wajib Tahu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *